LANGKAH-LANGKAH PROSES
BELAJAR MENGAJAR
Pada dasarnya, PBM diawali dengan aktivitas peserta didik untuk menyelesaikan masalah nyata yang ditentukan atau disepakati.
Pada dasarnya, PBM diawali dengan aktivitas peserta didik untuk menyelesaikan masalah nyata yang ditentukan atau disepakati.
Proses
penyelesaian masalah tersebut berimplikasi pada terbentuknya keterampilan
peserta didik dalam menyelesaikan masalah dan berpikir kritis serta sekaligus
membentuk pengetahuan baru. Proses tersebut dilakukan dalam tahapan-tahapan
atau sintaks pembelajaran yang disajikan pada Tabel berikut.
Sintaks atau
Langkah-Langkah PBM
Tahap
|
Aktivitas Guru dan Peserta didik Tahap
|
Tahap 1
Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
|
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan sarana atau logistik
yang dibutuhkan. Guru memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas
pemecahan masalah nyata yang dipilih atau ditentukan.
|
Tahap 2
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
|
Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasi
tugas belajar yang berhubungan dengan masalah yang sudah diorientasikan pada
tahap sebelumnya.
|
Tahap 3
Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
|
Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang
sesuai dan melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan kejelasan yang
diperlukan untuk menyelesaikan masalah.
|
Tahap 4
|
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya Guru membantu peserta
didik untuk berbagi tugas dan merencanakan atau menyiapkan karya yang sesuai
sebagai hasil pemecahan masalah dalam bentuk laporan, video, atau model.
|
Tahap 5
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau
evaluasi terhadap proses pemecahan masalah yang dilakukan
|
(Sumber: Nur, M. 1998. Teori-teori
Perkembangan. Surabaya: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.)
Tahapan-tahapan PBM
yang dilaksanakan secara sistematis berpotensi dapat mengembangkan kemampuan
peserta didik dalam menyelesaikan masalah dan sekaligus dapat menguasai
pengetahuan yang sesuai dengan kompetensi dasar tertentu. Tahapan-tahapan PBM
tersebut dapat diintegrasikan dengan aktivitas-aktivitas pendekatan saintifik
sesuai dengan karakteristik pembelajaran dalam Kurikulum 2013 sebagaimana
tertera pada Permendikbud No. 81a Tahun 2013. Aktivitas-aktivitas tersebut
adalah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi / eksperiman, mengasosiasikan
/ mengolah informasi, dan mengkomunikasikan.
0 komentar:
Posting Komentar